Jalur Pendakian Gunung Prau via Dwarawati

12 Agustus 2023
Elvaz
Dibaca 80 Kali
Jalur Pendakian Gunung Prau via Dwarawati

Buka Setiap hari

HTM: Rp30.000

Fasilitas: basecamp (mushola, toilet, warung, persewaan alat outdoor), asuransi, peta

 

Gunung Prau merupakan salah satu gunung berapi dengan ketinggian 2.652mdpl yang terdapat di Jawa Tengah, di antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Namanya berasal dari kata "perahu", karena bentuk gunung ini menyerupai perahu yang dibalik. Jalur pendakian Gunung Prau via Dwarawati Dieng adalah salah satu rute populer yang dianggap memiliki trek landai dan bersahabat untuk mencapai puncak Gunung Prau melalui 3 pos. Pendakian melalui jalur ini menawarkan pengalaman petualangan yang menarik dengan pemandangan alam yang spektakuler di sepanjang perjalanan. 

Dimulai dari desa Dwarawati, yang merupakan salah satu pintu masuk utama menuju Gunung Prau, pengunjung akan dimanjakan dengan pendaki yang indah dari perkebunan dan sawah-sawah hijau yang menghampar. Dari Dwarawati, para pendaki akan memulai perjalanan mendaki dengan melewati hutan-hutan dan jalur setapak yang terbentang di tengah vegetasi alami yang dihisasi oleh hamparan bunga Edelweis yang indah, kebun kentang yang menghijau, lembah yang luas dan gunung-gunung sekitar yang menakjubkan. 

Perjalanan menuju puncak Gunung Prau memakan waktu sekitar 2,5-3 jam tergantung pada kecepatan pendaki dan kondisi fisik. Perjalanan dari basecamp menuju pos satu, dapat ditempuh 30 menit dengan berjalan santai. Kondisi jalurnya adalah sedikit menanjak dan banyak jalur yang landai. Dari Pos I pendaki akan melewati jalur tanah selama kurang lebih 45 menit hingga tiba di Pos II yang dilanjutkan dengan jalur tanah dan hutan pinus untuk menuju Pos III yang dapat ditempuh dengan kurang lebih 45 menit. Perjalanan dari Pos III menuju puncak membutuhkan waktu 30 menit dengan jalanan yang mulai agak terjal dan sempit. Pada puncak Gunung Prau, para pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai gunung di Jawa mulai dari  Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi Gunung Merbabu, hingga Gunung Lawu. Puncak Gunung Prau adalah salah satu titik tertinggi di Dataran Tinggi Dieng sehingga pengunjung dapat menikmati matahari terbit atau terbenam yang spektakuler, serta pemandangan awan-awan yang menyelimuti lembah di bawahnya. Selain itu, Gunung Prau juga terkenal dengan fenomena "hamparan lautan awan" yang sering terjadi di puncaknya. Pemandangan ini menciptakan kesan seolah-olah para pendaki berada di atas awan yang lembut dan berwarna putih.

Lokasi:

Hyperlink https://goo.gl/maps/K8vfqbZqsHqVqKcM8